Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Recent Comments

Peran Pajak dalam Pembangunan Bangsa


Minggu, 15 Juli 2012 bertempat di gedung serbaguna, Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur. Bapak Fuad Rahmany ( Direktur Jenderal Pajak Kementrian keuangan RI ) menyampaikan bahwasanya pajak merupakan pilar Negara. Bangsa Indonesia adalah dari Sabang sampai Merauke. Memiliki potensi yang besar sebagai penopang ekonomi Negara melalui pajak.
Filosofi pajak : Filosofi pajak klasik mengatakan bahwa " Taxes are the sinews of the State". Sedangkan menurut filosofi kontemporer  " Taxes are the blood of the state ". untuk membangun infrastruktur umum itu berasal dari pemerintah bukan dari rakyat.
Manfaat pajak adalah untuk membiayai pembangunan.
Seperti :
Pajak PBB : kita wajib membayar pajak pbb karena kita menempati tanah Negara.
Belanja Modal : yaitu belanja pegawai, barang.
Pajak yang didapat pusat juga di transfer ke daerah untuk kelangsungan pergerakan pembangunan di daerah.
Reformasi perpajakan : masalah kita dengan pajak yaitu yang wajib membayar pajak banyak namun yang membayar pajak masih sedikit.
Jumlah orang yang bekerja 110 juta. Itupun tidak semua membayar pajak karena masih ada yang pendapatannya dibawah PTKP, perkiraannya 55 juta orang membayar pajak. Dari 55 juta perkiraan baru ada 9 juta yang membayar pajak pada tahun 2012. Jadi pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan adalah agar sisa dari 55 juta orang , sekitar 46 juta lagi agar melunasi pembayaran pajaknya. Sehingga pembangunan infrastruktur umum dapat berjalan dengan lancar.
Dirjen pajak telah membuat semacam system laporan pembayaran pajak wajib pajak. Yang disebut WBS ( Whistleblowing system ) system laporan. Sehingga dalam database dirjen perpajakan akan tersimpan nama orang dan perusahaan yang belum membayar pajak bahkan jika ada perusahaan yang main curang dalam pembayaran pajak akan terdeteksi oleh system. Sehingga kasus korupsi seperti yang dilakukan Gayus Tambunan dapat terungkap.
Selain itu warga yang mengetahui adanya kecurangan dalam perpajakan bisa mengadukannya ke alamat dirjen pajak dibawah ini.
1.      Help Desk KIT SDA
2.      Phone (021) 52970777
3.      Kring pajak : 500200
4.      Email : kode.etik@pajak.go.id
5.      Email : pengaduan@pajak.go.id
6.      Employess Information system ( SIKKA )
Terima kasih telah membaca artikel tentang Peran Pajak dalam Pembangunan Bangsa di blog Didi Triadi jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com